Sabtu, 04 September 2010

Lompat Jauh

Nomor lompat merupakan salah satu nomor dalam cabang olahraga atletik. Nomor lompat terbagi atas :
1. Lompat jauh gaya jongkok (gaya orthodok)
2. Lompat jauh gaya menggantung (gaya schnepper)
3. Lompat jauh gaya berjalan di udara ( gaya walking in the air)
Tujuan nomor lompat jauh, yaitu mencapai jarak lompatan yang paling jauh. Untuk mencapai tujuan tersebut, seorang pelompat harus memahami pokok-pokok yang mendukung agar lompatannya maksimal. Unsur-unsur pokok yang mendukung jauhnya lompatan seseorang adalah sebagai berikut.
a. Daya Dorong ke Depan
Yaitu tenaga dorongan ke depan yang di dapat dari kecepatan berlari saat melakukan permulaan (awalan) lompatan. Saat melakukan awalan harus diusahakan agar kecepatan maksimal pada waktu melakukan tolakan.

b. Daya Dorong ke Atas
Yaitu tenaga dorongan ke atas yang didapat dari kekuatan kaki melakukan tolakan. Kekuatan tolakan kaki akan berpengaruh maksimal terhadap jauhnya lompatan.
Hal ini terjadi apabila sudut lontar badan kira-kira 45° dan koordinasi peralihan adanya daya dorong ke depan menjadi daya dorong ke atas. Artinya, usaha melakukan tolakan tidak mengurangi kecepatan yang telah didapat dari awalan.

c. Sikap Tubuh
Gerakan tubuh atau anggota tubuh pada saat badan melayang tidak banyak berpengaruh terhadap hasil lompatan. Gerakan yang paling menguntungkan adalah mempersiapkan tubuh melakukan pendaratan agar tidak melakukan gerakan yang premature.

d. Sikap Tubuh Saat Mendarat
Tujuan sikap mendarat adalah mempertahankan jaraj lompatan yang didapat dan menghindarkan diri dari kecelakaan.

download materi selengkapnya :
http://www.rapidshare.com/files/416990261/ATLETIK-LOMPAT_JAUH.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar